SMK Tunas Harapan Pati Sukses Gelar Job Fair 2023


Kategori:
Sely Indraswari
Senin, 13 November 2023

        SMK merupakan sekolah menengah yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan mengutamakan penyiapan siswa untuk memasuki dunia kerja. Ir. Eny Wahyuningsih, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMK Tunas Harapan Pati, dalam sambutannya pada pembukaan Job Fair 2023 menyampaikan bahwa kerja sama dibutuhkan untuk membentuk sinergi antara SMK dengan dunia industri, termasuk dalam kegiatan rekruitmen tenaga kerja melalui Bursa Kerja Khusus (BKK).

      Sebagai upaya mendukung siswa dalam memasuki dunia kerja, pada kesempatan kali ini SMK Tunas Harapan Pati menyelenggarakan Job Fair dengan menghadirkan 14 perusahaan di sekolah, diserbu sedikitnya  650 pencari kerja yang datang dari dalam maupun luar Kota Pati. Job Fair bertujuan untuk memfasilitasi lulusan SMK yang memasuki dunia kerja. 

        Berbeda dari Job Fair pada umumnya, Job Fair di SMK Tunas Harapan Pati bukan sekadar ajang pertemuan industri dengan calon SDM, tetapi sekaligus fasilitasi proses rekruitmen. Para pelamar kerja yang sebelumnya telah mengisi form lamaran melalui tautan yang telah disediakan tinggal melaksanakan daftar ulang dan melanjutkan berbagai tes mulai dari tes tulis hingga intervieu. 

        Bursa kerja ini bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pati. Perusahaan yang dihadirkan bergerak di bidang manufaktur, lembaga keuangan, industri makanan, industri perikanan, dan lainnya. 

        Job Fair ini dibuka untuk umum dengan kualifikasi pendidikan mulai dari SMK, SMA, D3 dan S1. Job Fair ini merupakan agenda SMK sebagai pelaksana program SMK Pusat Keunggulan untuk membantu mengurangi angka pengangguran yang ada di Kota Pati dan sekitarnya. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 11-12 November 2023 yang dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pati dan dibuka secara resmi oleh Pengawas Pembina SMK  Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Provinsi Jawa Tengah, Dr. Yuli Rifiani, M.Pd. Kegiatan dilanjutkan penandatanganan MOU antara SMK Tunas Harapan Pati dengan PT Micro Madani Institute Jakarta, PT Dua Putra Utama Makmur Pati dan PT Dewi Pengayom Bangsa Pati. Penandatanganan MOU juga diikuti oleh SMK SMK lainnya yang hadir pada kegiatan Job Fair tersebut.


        Acara ini juga diisi kegiatan Seminar dengan tema Genera(c)tion 5.0 “Menjawab Tantangan Industri 5.0” dengan pemateri Muhammad Iqbal selaku Kepala Divisi Alih Daya dari PT Micro Madani Institute Jakarta.  Kegiatan seminar diikuti oleh Pengurus BKK SMK dari Pati, Blora, Kudus, Rembang dan Jepara. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut sambil mendampingi siswa dan siswinya mengikuti Job Fair.

      Job Fair disambut dengan antusiasme yang tinggi dari pelamar. Pak Sulik Setiyo, selaku Ketua BKK SMK Tunas Harapan Pati mengaku puas dengan keterselenggaraan kegiatan ini. “Alhamdulillah, sangat puas melihat antusiasme dan semangat anak-anak yang diundang pada pembukaan pukul 08.00 tetapi sebelum pukul tujuh sudah sampai sekolah. Ternyata masih ada anak-anak kita yang sampai hari ini masih membutuhkan pekerjaan. Ditambah respon perusahaan terhadap peserta juga bagus,” terangnya.  

        Job Fair ini diharapkan menjadi salah satu jalan rezeki bagi para lulusan SMK Tunas Harapan Pati dan semua pencari kerja khususnya di Kabupaten Pati dan sekitarnya. Selain itu, melalui kegiatan ini semoga hubungan antara SMK Tunas Harapan Pati dengan industri serta hubungan SMK Tunas Harapan Pati dengan SMK lain di Keresidenan Pati semakin solid sehingga mampu bersinergi untuk mengentaskan pengangguran di Indonesia, khususnya lulusan SMK. 

      “Pesan untuk anak-anak, silakan bersungguh-sungguh mengikuti tes. Kalau sudah diterima, memberikan kontribusi yang baik ke industri. Nanti otomatis feedback-nya akan ke sekolah masing-masing, khususnya panitia SMK Tunas Harapan Pati,” pungkasnya.