Rapat Umum Tahun Pelajaran 2023/2024 SMK Tunas Harapan Pati


Kategori:
Sely Indraswari
Rabu, 2 Agustus 2023

       Rapat umum selalu menjadi agenda rutin di awal tahun pelajaran. Rapat Umum Tahun Pelajaran 2023/2024 dihadiri seluruh warga SMK Tunas Harapan Pati baik pendidik, tenaga kependidikan, maupun toolman setiap jurusan. Kegiatan berlangsung pada Sabtu (29/07) lalu di aula STT Pati. 

       Rapat umum dipimpin oleh wakil kepala sekolah bidang Kurikulum, Bapak Sahlan, S.ST., dengan materi yang disampaikan oleh Ir. Eny Wahyuningsih, M.Pd. selaku kepala SMK Tunas Harapan Pati, Bapak Joko Suranto, M.Pd. selaku wakil kepala sekolah bidang Humas, Drs. Hartono, M.Pd. selaku wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan, Bapak Ryza Agriseptianto, M. Kom. selaku wakil kepala sekolah bidang Sarana dan Prasarana, serta Drs. Sukaryo selaku ketua Komite Budaya Sekolah. 

      Dalam materinya, Bu Eny memaparkan pentingnya input, proses, dan output dalam keberlangsungan sekolah. Input siswa melalui PPDB tahun 2023 ini berjumlah 858 siswa sehingga jumlah siswa keseluruhan adalah 2468 siswa. Hal ini, menurut Bu Eny, adalah hal yang patut kita syukuri mengingat banyaknya sekolah swasta di Pati namun SMK Tunas Harapan Pati masih menempati hati dan kepercayaan masyarakat. 

          Selanjutnya, Bu Eny menekankan pentingnya meningkatkan proses untuk menghasilkan hard skill dan soft skill pada siswa. “Hard skill telah kita percayakan sesuai jurusan masing-masing. Soft skill meliputi  pembiasaan sikap dan perilaku tertib teratur 5R, 5S, safety riding, dan PHBS. Program ini dilaksanakan oleh Komite Budaya Sekolah dan  keberhasilannya harus didukung oleh seluruh warga sekolah,” papar Bu Eny.

        “Proses sudah diawali oleh kurikulum dalam IHT lalu jadi perencanaan pembelajaran sudah siap. Sumber daya manusia juga sudah clear dan tidak ada kekurangan guru lagi. Sarpras juga sudah clear. Tinggal bagaimana kita bisa efektif dan efisien dalam menggunakannya untuk menghasilkan output atau lulusan yang lebih baik lagi,” pungkasnya. 

           Rapat umum secara keseluruhan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama adalah pemaparan dari masing-masing bagian dilanjutkan dengan rapat per jurusan. Rapat per jurusan ini melibatkan semua guru produktif, toolman, wali kelas, dan guru BK.

            SMK Tunas Harapan Pati sebagai sekolah berprestasi tingkat nasional senantiasa melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan untuk dapat mengantarkan putra dan putri bangsa pada kesuksesan yang dicita-citakan.