Kunjungan Bob Azam Wakil Direktur Utama PT TMMIN di SMK Tunas Harapan Pati


Kategori:
Sely Indraswari
Selasa, 1 Agustus 2023

            Wakil Direktur Utama PT TMMIN, Bob Azam, tiba di SMK Tunas Harapan Pati pada Kamis, 20 Juli 2023 lalu sekitar pukul 12.30 WIB dan diterima langsung oleh Ir. Eny Wahyuningsih, M.Pd. selaku kepala SMK Tunas Harapan Pati. 

         Kunjungan dari PT TMMIN adalah kegiatan yang biasa dilakukan mengingat SMK Tunas Harapan Pati adalah salah satu sekolah binaan dari Toyota. Pada kunjungan kali ini Bob Azam dibersamai oleh Corporate Social Responsibility (CSR), dan beberapa staf. Setelah diterima di ruang kepala sekolah, Bob Azam dan tim melakukan tinjauan ke beberapa bengkel yang antara lain bengkel jurusan otomotif, bengkel jurusan pemesinan, bengkel jurusan pengelasan, dan unit produksi Gemilang. 

           SMK Tunas Harapan Pati sebagai sekolah unggulan di Jawa Tengah menjadi salah satu dari 6 sekolah di Indonesia yang berhasil menjadi sekolah binaan/mitra Yayasan Toyota. Hal ini tentu saja diraih dengan upaya menegakkan budaya industri, di antaranya 5R dan 5S sebagai fundamental skill siswa SMK Tunas Harapan Pati dan warga sekolah. Selain itu, sekolah juga terus berupaya memenuhi sarana dan prasarana untuk mendukung budaya industri.

         Dalam upaya menyiapkan lulusan yang siap kerja, SMK Tunas Harapan Pati memahami pentingnya pembiasaan budaya industri di lingkungan sekolah di samping pencapaian kompetensi keahlian. Oleh karena itu, budaya sekolah diciptakan relevan dengan budaya di industri. “Selama ini industri mengutamakan pegawai yang memiliki fundamental skill, yang taat akan SOP untuk dijadikan pegawai tetap daripada hanya melihat kompetensinya saja. Maka, itulah yang kita siapkan,” tegas Moh. Ali Maghfuri, S.Pd. selaku sekretaris Komite Budaya Sekolah SMK Tunas Harapan Pati.

“Persiapan yang dilakukan sebelum kunjungan adalah menyisir dan memastikan lokasi kunjungan sesuai dengan budaya 5R. Adapun catatan penting yang didapatkan sebagai hasil kunjungan ialah peningkatan rest area dan penguatan 5R,” lanjutnya.