Implementasi Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2024 di SMK Tunas Harapan Pati


Kategori:
Sely Indraswari
Jumat, 23 Agustus 2024

Implementasi Sertifikasi Internasional 

Kemampuan Bahasa Inggris TOEIC 2024 di SMK Tunas Harapan Pati 

Dukungan Direktorat SMK untuk Meningkatkan Daya Saing Lulusan Vokasi

 

Dalam  rangka meningkatkan daya saing global di tengah perkembangan era teknologi ini, Direktorat SMK bekerjasama dengan PT International Test Center kembali menyelenggarakan kegiatan fasilitasi peningkatan kompetensi dan sertifikasi Bahasa Asing siswa SMK dengan Test of English for International Communication (TOEIC). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mempersiapkan mereka untuk dapat menghadapi tantangan global, dan memberikan sertifikasi yang diakui secara internasional melalui ujian TOEIC.

SON07476.jpg

Tes ini digunakan oleh banyak perusahaan dan organisasi di seluruh dunia untuk menilai kemampuan bahasa Inggris karyawan dan calon karyawan mereka. Selain itu, juga digunakan sebagai ujian syarat masuk politeknik dan pendaftaran beasiswa di beberapa negara.

Pada tahun ini, SMK Tunas Harapan Pati turut menyemarakkan program ini dengan melibatkan sebanyak 227 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi sejumlah 36 peserta didik. 

Sebelum para peserta didik menjalankan ujian bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada sejumlah agenda pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan. Selama periode pembelajaran, peserta didik bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Dini Larasati dan Luthfi Ibrahim dan tim melalui Zoom dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk TOEIC Practice Tests-Digital Version agar peserta didik kami siap menghadapi ujian dengan baik.

Adapun persiapan yang telah kami lakukan yaitu melakukan pembimbingan terhadap 36 peserta didik yang lolos seleksi selama 6 kali pertemuan (22 Juli – 9 Agustus 2024) dan secara nonteknis kami melakukan persiapan perangkat yang digunakan untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan tes TOEIC tertanggal 10 Agustus 2024.

SON07465.jpg

Pelaksanaan tes TOEIC ini sangat memberikan dampak positif bagi peserta didik kami untuk menguji kemampuan dan keterampilan bahasa Inggris dan bisa digunakan sebagai portofolio mereka dalam melamar pekerjaan. Harapan kami ke depannya, semoga tes ini tetap bisa kami laksanakan setiap tahun dengan jumlah peserta yang lolos semakin bertambah.

Terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan kepada pihak ITC dan Direktorat SMK yang telah memfasilitasi pelaksanaan tes TOEIC ini. Semoga makin berjaya mengantarkan peserta didik SMK dalam peningkatan kompetensi di bidang bahasa Inggris.