• SMK TUNAS HARAPAN PATI
  • SMK Unggul Berdaya Saing Internasional Berwawasan Lingkungan

MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI KEGIATAN IHT (IN HOUSE TRAINING) “KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN (KOSP)”

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan berbagai usaha telah dilakukan oleh pemerintah, usaha-usaha itu antara lain dengan menyempurnakan kurikulum, melengkapi sarana dan prasarana pendidikan serta meningkatkan kualitas tenaga pendidik.

Pengembangan kurikulum merupakan bagian yang essensial dalam proses pendidikan. Sasaran yang dicapai bukan semata-mata memproduksi bahan pelajaran melainkan lebih dititikberatkan pada peningkatan kualitas pendidikan. Pengembangan kurikulum merupakan suatu proses merencanakan dan menghasilkan suatu alat yang lebih baik dengan didasari hasil pengkajian terhadap kurikulum yang telah berlaku sehingga dapat memberi kondisi belajar mengajar lebih baik dan berkualitas.

In-House Training adalah sebuah bentuk program pelatihan, dimana materi pelatihan, waktu serta tempat pelatihan ditentukan sesuai dengan permintaan peserta, dilakukan berdasar pemikiran bahwa sebagian kemampuan dalam meningkatkan kompetensi dan karier guru tidak harus dilakukan secara eksternal, namun dapat dilakukan secara internal oleh guru sebagai trainer yang memiliki kompetensi yang belum dimiliki oleh guru lain. Umumnya pelatihan dalam bentuk in-house ini dilaksanakan oleh Sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di tempatnya.

Dalam mensukseskan pemberlakuan KOSP pada sekolah Pusat Keunggula, tahap awal diadakan diklat komite pembelajar SMK Pusat Keunggulan tentang KOSP yang diadakan oleh P4TK Matematika Yogyakarta dan BMTI Bandung dengan nama “komite pembelajar”. Jumlah anggota komite pembelajar SMK Pusat Keunggulan yang mengikuti diklat  16 peserta, terdiri dari Pengawas Pembina, Kepala Sekolah, Waka bidang kurikulum, 1 guru bimbingan konseling, 8 guru mata pelajaran umum dan 4 guru mata pelajaran kejuruan.

Diklat komite pembelajar SMK Pusat Keunggulan dilaksanakan secara daring dilaksanakan selama 10 hari, mulai tanggal 5-15 Juli 2021. Sebagai Langkah tindak lanjut dan pengimbasan hasil diklat komite pembelajar SMK-Pusat Keunggulan dan persiapan penerapan kurikulum KOSP pada peserta didik kelas X tahun pelajaran 2021/2022 dilaksanakan IHT kepada bapak/ibu guru kelas x mapel umum dan mapel kejuruan. IHT KOSP yang menjadi narasumber adalah semua anggota komite pembelajar SMK PK didampingi oleh Ibu Verga Pandrianti,S.Pd, S.ST,M.Pd  dari BBPPMPV BMTI Bandung.

IHT KOSP dilaksanakan untuk mensukseskan penerapan pembelajaran paradikma baru dengan kurikulum KOSP yang mulai diterapkan untuk peserta didik kelas X / Fase E pada tanggal 2 agustus 2021. Sebelum tanggal 2 agustus 2021 semua bapak ibu guru pengampu kelas X, dipastikan sudah/sedang melaksanakan IHT KOSP sehingga materi, arah, tujuan dan proses pembelajaran sudah sejalan dengan tujuan Pendidikan nasional dan kurikurikulum KOSP. IHT KOSP dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis tentang proses Langkah tindak lanjut dan pengimbasan hasil diklat komite pembelajar SMK Pusat Keunggulan selama 10 hari IHT KOSP SMK Tunas Harapan Pati dilaksanakan mulai 26 Juli – 5 Agutus 2021.

Acara IHT SMKTHP dilaksanakan secara blended yaitu secara luring dan daring. Untuk kegiatan IHT yang dilaksakan secara luring bertempat di Aula SMK Tunas Harapan Pati. Untuk kegiatan IHT yang dilaksakan secara daring diarea kerja masing-masing.

Komentari Tulisan Ini